PROGRAM BANK SAMPAH SEBAGAI PENGELOLAAN SAMPAH DAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA WANGUREJO KECAMATAN BANYUURIP KABUPATEN PURWOREJO

Suyitno Suyitno

Sari


Penumpukan sampah yang terjadi perlu adanya penanganan serius sebagai upaya untuk meminimalisirkan permasalahan yang ada. Salah satu upaya penanganan sampah dapat dilakukan dengan diterapkannya program bank sampah. Tujuan dari penulisan kajian ini yaitu  untuk mendeskripsikan: 1) program bank sampah di Desa Wangunrejo, 2) efektivitas program bank sampah terhadap pengelolaan sampah di Desa Wangunrejo, 3) efektivitas program bank sampah terhadap ekonomi masyarakat di Desa Wangunrejo. Penulisan kajian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan mangambil studi kasus sosial masyarakat. Subjek dari kajian ini adalah seluruh masyarakat Desa Wangunrejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo. Penulisan kajian ini mengahasilkan bahwa: 1) program bank sampah yang diterapkan di Desa Wangunrejo sudah berjalan cukup baik, 2) program bank sampah sudah cukup efektif dalam pengelolaan sampah masyarakat, 3) program bank sampah sudah cukup efektif dalam membantu ekonomi masyarakat.


Kata Kunci


Bank Sampah, Ekonomi Masyarakat, Pengelolaan Sampah.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Asteria, D. & Heruman, H. 2016. “Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Di Tasikmalaya”. Jurnal Manusia dan Lingkungan : 23(1), 136-141.

Dewanti, M., Purnomo, E.P., Salsabila, L. 2020. “Analisa Efektivitas Bank Sampah Sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah Dalam Mencapai Smart City Di Kabupaten Kulon Progo”. PUBLISA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 21-29.

Dobiki, J. 2018. “Analisis Ketersedian Prasarana Persampahan Di Pulau Kumo Dan Pulau Kakara Di Kabupaten Halmahera Utara”. Jurnal Spasial, 5(2), 220-228.

Dongoran, H.S., Harahap, R.H., Tarigan, U. 2018. “Implementasi Peraturan Walikota Medan Tentang Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Kebersihan dan Bank Sampah”. Jurnal Administrasi Publik, 8(1), 47-64.

Fitria dan Fatiah. 2021. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Bank Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Kota Prabumulih)”. Adl Islamic Economic, 2(1), 1-14.

Hasibuan, R. 2016. “Analisis Dampak Limbang/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup”. Jurnal ilmiah “Advokasi” : 4(1), 42-52.

Linda, R. 2016. “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Daur Ulang Sampah Plastik (Study Kasus Bank Sampah Berlian Kelurahan Tangkerang Labuai)”. Jurnal AL-Iqtishad, 12(1), 1- 19.

Mujahidin, E., Bahagia., Wibowo, R., Dipa, L.Z.N. 2021. “Nilai Tradisi Bersih-Bersih Di Lingkungan Sosial”. Jurnal Pendidikan Tambusai: 5(1), 2194-2206.

Undang-Undang Republik Indonesia No.18 Tahun 2008 Pengelolaan Sampah. Jakarta.

Wardany, K., Sari, R.P., dan Mariana, E. 2020. “Sosialisasi Pendirian “Bank Sampah” Bagi Peningkatan Pendapatan dan Pemberdayaan Perempuan di Margasari”. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 364-372.

Widawati, D., dan Hasnita, E. 2019. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Masyarakat Di Kawasan Bank Sampah Hanasty”. Jurnal Human Care, 4(3), 149-158.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Perkolasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720

Email: lppm@stfm.ac.id

Indexed By