Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Perkolasi merupakan Jurnal berkala yang diterbitkan dibawah naungan LPPM STF Muhammadiyah Tangerang yang bertujuan mempublikasikan hasil karya ilmiah dari penilitian dan pengabdian masyarakat Dosen yang ahli dibidangnya meliputi bidang Farmasi, Kesehatan maupun Agama. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan sekaligus pencerahan kepada Masyrakat tentang persoalan-persoalan yang terbaru khususnya dibidang farmasi, kesehatan maupun seputar hubungan agama dan kesehatan, sehingga hasil karya ilmiah ini dapat memberikan mamfaat bagi kehidupan masyrakat secara luas.

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

1. Instruksi untuk Penulis:

a. Manuskrip adalah karya asli

b. Naskah tidak pernah diterbitkan sebelumnya

c. Naskah tidak disubmited dalam jurnal lain

d. Ditulis dalam format yang tepat sesuai dengan panduan penulisan Jurnal Perkolasi

e. Memperoleh persetujuan izin etika untuk penelitian menggunakan hewan atau manusia

2. Dewan Redaksi berhak untuk mereview dan mengedit naskah dalam lingkup aspek isi dari Jurnal Perkolasi oleh rekan Reviewer dan Dewan Editor.

3. Jurnal ini menggunakan kebijakan Double Blind peer review untuk menjamin objetivitas penilaian naskah.

4. Keputusan diterima atau menyangkal naskah dipertimbangkan oleh Dewan editorial dan rekan resensi.

5. Dewan Redaksi cadangan berhak untuk mereview dan mengedit naskah dalam aspek gaya, format dan kejelasan makna teks.

6. Penulis perlu untuk memperbaiki naskah menurut peer review dan pertimbangan Dewan editorial.

7. Apabila author tidak mengirimkan kembali revisi naskahnya pada rentang waktu yang telah ditentukan (14 hari) maka proses pengelolaan dan publikasi naskah tidak akan dilanjutkan.

8. Setiap manuskrip yang dikirim akan dicek plagiarismenya menggunakan perangkat lunak seperti plagiarismcheckerx.com dan secara online menggunakan DupliChecker atau perangkat lunak sejenisnya (Presentase indikasi plagiasi < 20%)

 

Kebijakan Akses Terbuka

JURNAL PERKOLASI menyediakan akses terbuka secara langsung ke artikel dengan prinsip menyediakan artikel penelitian yang tersedia secara gratis untuk publik dan mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Semua artikel yang diterbitkan di JURNAL PERKOLASI tersedia dalam bentuk Open Access dan gratis untuk diakses sebagaimana dinyatakan dalam Budapest Open Access Initiative:

Hasil gambar untuk gambar template artikel

Dengan kebijakan "Open Access" ke Jurnal Perkolasi, pihak penerbit menjamin ketersediaannya secara gratis di publik melalui akses internet, yang memungkinkan setiap pengguna untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel ini, menjelajahinya untuk diindeks , meneruskannya sebagai data ke perangkat lunak, atau menggunakannya untuk tujuan sah lainnya, tanpa hambatan finansial, hukum, atau teknis selain yang tidak dapat dipisahkan dari mendapatkan akses ke internet itu sendiri. Satu-satunya kendala pada reproduksi dan distribusi, dan satu-satunya peran untuk hak cipta dalam domain ini, harus memberikan kontrol kepada penulis atas integritas karya mereka dan hak untuk diakui dan dikutip dengan tepat.

 

Etika Publikasi

Pernyataan Etika Publikasi ini merupakan pernyataan kode etik bagi semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi, penerbit, penyunting, peninjau, dan penulis. Pernyataan ini disusun dan diadaptasi dari COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Publikasi naskah dalam Jurnal Perkolasi ditujukan untuk ikut membangun jaringan pengetahuan yang bermanfaat dan berkualitas. Setiap naskah merupakan cerminan kompetensi penulis serta lembaga pendukungnya. Proses peninjauan (peer-review) terhadap naskah yang akan dimuat dalam jurnal ini dijalankan sesuai dengan metode ilmiah. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi, yaitu penerbit, penyunting, peninjau, dan penulis; untuk mematuhi kode etik ini.

Tanggung Jawab Penerbit

LPPM STF Muhammadiyah Tangerang, selaku penerbit Jurnal Perkolasi bertanggung jawab:

1. Mengawasi seluruh tahap penerbitan dengan sungguh-sungguh, dengan mematuhi kode etik serta tanggung jawab lainnya. 2. Menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Dukungan komersial seperti iklan, cetak ulang, atau pendapatan lainnya tidak mempengaruhi keputusan editorial. 3. Membantu komunikasi dengan jurnal dan / atau penerbit lain bilamana diperlukan.

Tanggung Jawab Penyunting

Penyunting Jurnal Perkolasi bertanggung jawab:

1. Memutuskan naskah yang layak dipublikasikan sesuai kebijakan dewan editorial yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme. 2. Mencermati keabsahan naskah serta dampaknya terhadap peneliti dan pembaca. 3. Menjalankan rapat dewan penyunting dan peninjau untuk membuat keputusan naskah layak publikasi bila diperlukan. 4. Mengevaluasi naskah berdasarkan bobot intelektualnya, tanpa membedakan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik sang penulis. 5. Menjaga kerahasiaan informasi tentang naskah, selain kepada penulis yang bersangkutan, peninjau, calon peninjau, penyunting dan penerbit, sesuai penugasan dalam proses penerbitan naskah. 6. Mencegah penggunaan materi dalam naskah untuk kepentingan penelitian penyunting tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tanggung Jawab Peninjau

Peninjau Jurnal Perkolasi bertanggung jawab:

1. Membantu penyunting membuat keputusan penerbitan terhadap naskah. 2. Membantu penulis meningkatkan kualitas naskah melalui jalur penyampaian hasil tinjauan kepada penulis. 3. Memberi tahu penyunting dan mengundurkan diri dari proses peninjauan apabila merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah naskah. 4. Memberi tahu penyunting dan mengundurkan diri dari proses peninjauan apabila merasa tidak mungkin melaksanakan peninjauan tepat waktu. 5. Memperlakukan setiap naskah yang ditinjau sebagai dokumen rahasia. 6. Menjaga kerahasiaan setiap naskah yang ditinjau terhadap semua pihak, kecuali dengan izin penyunting. 7. Meninjau naskah secara objektif berdasarkan bobot intelektualnya, tanpa membedakan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik sang penulis. 8. Menyampaikan hasil peninjauan dengan jelas dengan argumen yang mendukung. 9. Menghindari melayangkan kritik pribadi terhadap penulis. 10. Mengidentifikasi karya lain yang relevan dan telah diterbitkan, dan belum dikutip oleh penulis. 11. Memastikan bahwa setiap pengamatan, perumusan maupun argumen dalam naskah, yang ditulis berdasarkan karya yang telah diterbitkan sebelumnya, telah dikutip dengan sesuai ketentuan yang berlaku. 12. Menyampaikan kepada penyunting, bila menemukan sendiri, kesamaan substansi atau tumpang tindih antara naskah dengan karya lain yang telah diterbitkan. 13. Menjaga kerahasiaan informasi maupun gagasan yang didapatkan melalui proses peer review, serta tidak menggunakannya untuk keuntungan pribadi. 14. Memberi tahu penyunting dan mengundurkan diri dari proses peninjauan naskah apabila memiliki konflik kepentingan, baik dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan, dan lembaga manapun yang terhubung dengan naskah.

Tanggung Jawab Penulis

Penulis naskah yang disampaikan ke Jurnal Perkolasi bertanggung jawab:

1. Menyampaikan laporan yang akurat disertai diskusi yang objektif tentang signifikansi penelitian yang dilakukan. 2. Menyajikan data secara akurat dalam naskah. 3. Menyampaikan detil penelitian dan pustaka yang cukup untuk memungkinkan pihak lain mereplikasi karya dalam naskah. 4. Mencegah penyampaian pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat dalam naskah. 5. Menyampaikan data mentah penelitian yang digunakan dalam naskah, bila diminta untuk peninjauan naskah. 6. Menyimpan data mentah penelitian untuk durasi waktu yang wajar setelah penerbitan naskah. 7. Memastikan bahwa naskah yang disampaikan adalah karya asli. 8. Melakukan pengutipan sesuai ketentuan yang berlaku untuk seluruh karya dan / atau kata-kata orang lain yang mendukung naskah. 9. Melakukan pengutipan sesuai ketentuan yang berlaku terhadap karya yang berpengaruh dalam menentukan sifat naskah. 10. Mencegah penerbitan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. 11. Mencegah penyerahan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. 12. Menyatakan personil yang berkontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, maupun interpretasi penelitian yang dilaporkan, sebagai penulis utama. 13. Menyatakan personil yang berkontribusi signifikan, sebagai penulis pendamping. 14. Mengakui atau menyatakan personil yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian sebagai kontributor. 15. Memastikan bahwa semua penulis yang dicantumkan berhak diakui kepenulisannya dalam naskah. 16. Memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui bentuk akhir naskah dan telah menyetujui pengajuannya untuk diterbitkan. 17. Menyatakan dengan jelas dalam naskah, apabila terdapat bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki resiko bahaya dalam penggunaannya. 18. Menyatakan dengan jelas dalam naskah, apabila harus memenuhi kode etik penelitian tekait subyek manusia dan / atau hewan. 19. Mengungkapkan segala konflik kepentingan finansial maupun substantif lainnya yang dapat ditafsirkan sebagai mempengaruhi hasil atau interpretasi dari naskah yang masuk. 20. Mengungkapkan semua sumber dukungan keuangan untuk penelitian. 21. Memberi tahu editor atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah, ketika menemukan kesalahan yang signifikan dalam naskah yang disampaikan.