UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR EKSTRAK DAUN BAMBU TALI (Gigantochloa apus (Schult.) Kurz.) TERHADAP JAMUR Candida albicans

Abdul Aziz Setiawan, Latif Yudha Aditama, Yusransyah ,

Sari


Bakteri penghasil antibiotik golongan beta laktam telah lama diteliti. Sejalan dengan waktu, resistensi terhadap antibiotik golongan beta laktam saat ini banyak terjadi. Resistensi tersebut dapat diakibatkan karena salah satunya adalah tidak konsisten untuk menghabiskan antibiotik sehingga bakteri mampu menghasilkan enzim β-laktamase. Resistensi ini dapat dikurangi dengan menggunakan inhibitor terhadap aktivitis enzim β-laktamase. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri yang memproduksi inhibitor antibiotik β lactamase dari bahan baku tahu sumedang. Bakteri terpilih dilakukan uji dengan metode “direct antagonism”. Sampel diambil dari pabrik tahu dari daerah Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat. Dari proses isolasi didapat beberapa isolat tunggal yang berpotensi menghasilkan inhibitor beta laktamase. Isolat tersebut di uji daya hambat terhadap bakteri target golongan β-laktamase. Isolat yang menghasilkan zona bening ketika uji merupakan isolat dengan potensi. Didapat 1 bakteri kandidat yang memiliki potensi untuk menghasilkan inhibitor beta laktamase. Identifikasi dilakukan dengan metode API test dan didapat bakteri tersebut adalah Bacillus licheniformis.
Kata kunci: bakteri antibiotik, beta laktamase, inhibitor beta laktamase

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Esther Segal, G. L. B. (1994) Pathogenic Yeast and Yeast Infection. Florida: CRC Press.

Gandjar Indrawati (2000) Pengenalan Kapang Tropik Umum. Pertama. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Geo. F. Brooks, Karen C.Caroll, Janet S. Butel, Stephen A. Morse, T. A. M. (2013) Medical Microbiology. 26th edn. Mc Graw Hill.

Harborne, J. . (1987) Metode Fitokimia, diterjemahkan oleh Kosasih Padmawinata dan Iwang Soediro. Bandung: ITB Bandung.

Indonesia, D. K. R. (1989) Materia Medika. Jakarta.

Irianto (2013) Parasitologi Medis (Medical Parasitology).

Katzung, B. G. (2004) Farmakologi Dasar Dan Klinik,. Delapan. Jakarta: EGC.

Mandal, B.K., Wilkins, E.G.L., Dunbar, E.M., dan Mayon-White., R. T. (2004) Penyakit Infeksi.

Sangi, M. et al. (2008) ‘Analisis Fitokimia Tumbuhan Obat di Kabupaten Minahasa Utara’, Chemistry Progress, 1(1), pp. 47–53.

Siregar (2005) Saripati Penyakit Kulit. Kedua. EGC.




DOI: http://dx.doi.org/10.47653/farm.v5i3.113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Farmagazine is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720

Email: lppm@stfm.ac.id

Indexed By

  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel 

 

Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  DRJI Indexed Journal  Hasil gambar untuk gambar template artikel   Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel